Judul Buku : Love me love me not
Karya : Indah Nur Wakhid
Penerbit : Media Pressindo
Halaman : 312 halaman

Referensi Buku :
Buku ini menceritakan tentang seorang wanita dan pria bernama Vonda dan Reggie yang merupakan musuh dari kecil hingga pada akhirnya mereka bertemu kembali pada saat Reggie pulang dari Amerika, mereka sama-sama kaget dengan pertumbuhan dan perubahan terhadap satu sama lain. Vonda bekerja di P.T Global Technology yang merupakan perusahaan software yang terkenal dengan memproduksi antivirus. Suatu hari ternyata Reggie bekerja di tempat yang sama dengan Vonda apalagi sebagai atasannya, Vonda begitu kaget dan sedikit malu.  Banyak hal yang terjadi di dalam perusahaan itu, menghilangnya Susan yang merupakan teman Vonda sampai ditemukannya Susan meninggal. Semua orang tidak tahu apa penyebabnya dan Vonda yang begitu penasaran tentang mengapa Susan meninggal terus menyelidikinya tetapi Fabian yang begitu khawatir dengan Vonda tidak mau dia melakukannya takut sesuatu terjadi pada Vonda karena sebenarnya ia takut seperti Sissy yang terus menyelidiki dan mengetahui siapa pelakunya terbunuh, akhirnya Fabian dicurigai oleh Edith dan Vonda.  Vonda terus saja menyelidiki melalui bantuan Reggie sampai pada akhirnya mereka mengetahui siapa pelakunya dengan bantuan semua pihak dan ternyata pelakunya adalah temannya sendiri. Sebenarnya Vonda dan Reggie sudah memiliki sedikit perasaan sejak bertemunya kembali mereka tetapi mereka saling gengsi dan Reggie yang terus menjebak/ menggoda Vonda tidak ampuh dan malah Reggie yang duluan sangat menyukainya. Vonda yang terus saja menghiraukannya membuat Reggie marah dan cemburu terhadap Fabian tetapi pada akhirnya mereka saling mengungkapkan perasaannya.

Amanat :
ü Jangan membenci seseorang terlalu dalam karena mungkin mereka mempunyai hati yang baik.
ü Jangan berburuk sangka terhadap orang lain siapa tahu ia ingin kita mendapat yang terbaik.
Kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut :

Kelebihannya, ceritanya yang menarik dan tidak membosankan karena terdapat suatu masalah yang membuat pembaca menjadi penasaran apa yang akan terjadi lagi. 



Judul Buku : Refrain
Karya : Winna Efendi
Penerbit : gagas media
Halaman : 317 halaman

Referensi buku :
Buku ini menceritakan tentang sepasang sahabat yaitu Nata dan Niki yang sudah bersahabat sejak umur lima tahun sampai- sampai mereka yang selalu bersekolah di tempat yang sama. Pada suatu ketika, seorang anak pindahan yang merupakan anak kandung dari Vidia Rossa yang merupakan model terkenal yang dikagumi Niki bersekolah di SMAnya ia bernama Annalise. Mereka bertiga sekarang menjadi seorang sahabat. Hingga pada akhirnya Niki mempunyai pacar yang bernama Oliver, karena Niki yang sekarang selalu bersama-sama dengan Oliver membuat Nata cemburu, karena selama ini Nata mempunyai perasaan yang lebih dan ternyata Annalise pun mempunyai perasaan yang lebih kepada Nata.
Banyak konflik yang terjadi di sini, menjauhnya Niki terhadap Nata karena Niki mengetahui Nata yang mempunyai perasaan lebih terhadapnya. Sampai akhirnya Oliver yang menghianati Niki di prom night yaitu acara kelulusan di sekolahnya dengan menggandeng Helena yang merupakan teman dari Niki. Niki yang kemudian langsung pergi dari acara tersebut dan bertemu dengan sahabatnya yaitu Nata, mereka langsung pulang ke rumahnya. Dan Nata yang akhirnya memberitahukan kepada Niki bahwa ia akan pergi ke New York untuk melanjutkan sekolahnya. Niki yang sangat kaget dan merasa tidak rela harus melepaskannya. Ketika mereka sudah dewasa akhirnya mereka dipertemukan kembali.


Amanat :
ü Jujurlah terhadap perasaanmu meskipun itu menyakitkan.
ü Rela menerima kenyataan dan bersikap sabar terhadap sesuatu yang menyakitkan.
Kelebihan dan kekurangan buku tersebut :
Kelebihannya yaitu, bisa mengetahui apa artinya itu sahabat dan ceritanya yang begitu menarik sehingga pembaca akan terus membacanya karena ceritanya yang sangat bagus dan merupakan peristiwa remaja sekarang.
Kekurangannya yaitu, akhir dalam ceritanya kurang begitu menarik tetapi dari keseluruhan cerita dan bahasanya mudah dimengerti.


Judul Buku : Sepenggal Rindu
Karya : YenI Isnawati
Penerbit : Aristo Press
Halaman : 118 halaman

Referensi buku
Buku ini menceritakan tentang seorang mahasiswa jurusan ekonomi di salah satu perguruan tinggi Jakarta, yang tinggal di salah satu pesantren di Jakarta. Selain kuliah ia juga berdagang kue untuk menghidupi kebutuhan sehari-harinya agar tidak menyusahkan siapapun. Tetapi, Sunyani masih tidak mampu untuk membiayai uang ujiannya sehingga ia harus meminta bantuan temannya dan Pak Hadi. Di buku ini diceritakan awal pertemuan Sunyani dengan ibu separuh baya yang sekarang menjadi bosnya di salah satu kantor dan pengunduran diri bosnya dari kantor tersebut karena terdapat konflik di proyek kantornya, sehingga Sunyani pun ikut untuk mengundurkan diri.
Karena kesakitan yang amat mendalam ia pergi ke dokter dan di diagnosa mengidap kanker payudara yang dideritanya sejak lama. Di dalam buku ini juga diceritakan tentang seorang laki-laki yaitu Ivan yang memiliki perasaan terhadap Sunyani yang terus saja menghubunginya hingga pada akhirnya Sunyani tidak ingin berhubungan dengan pria itu lagi meskipun ia memiliki perasaan juga. Ketika tahun baruan Sunyani pulang ke kampng halamannya dan orangtuanya membicarakan tentang seorang laki-laki yang bernama Kak Tian yang mempunyai perasaan terhadap Sunyani, akhirnya Sunyani semakin bingung dan ketika ia membuka email, banyak pesan yang dikirimkan Ivan kepadanya dan akhirnya ia menyadari betapa Ivan mencitainya.
Amanat :
ü Bersikaplah mandiri dan janganlah menunda nunda untuk melakukan pemeriksaan terhadap suatu kesakitan sehingga akan berdampak lebih yaitu kematian.
ü Rajinlah untuk menggapai sesuatu dan bersikap ulet dalam melakukan sesuatu.
ü Bersikaplah bijaksana dalam pekerjaan dan tidak boleh untuk menyia-nyiakannya.
ü Luangkan waktumu untuk melakukan hal yang bermanfaat.
ü Saling membantu sesame manusia.

Kelebihan dan kekurangan terhadap buku tersebut :
Kelebihannya yaitu, di buku ini memiliki pesan yang banyak dan tersirat, dan bahasa bahasanya yang cukup dimengerti.
Kekurangannya yaitu, sampul yang digunakan dalam buku tersebut kurang menarik sehingga membuat orang tidak begitu penasaran sebelum membaca bukunya.

Judul Buku : Surat Untukmu Sahabat
Karya : Bunga R. Nizam
Penerbit : Aletta Pictures
Halaman : 117 halaman

Referensi:
Buku ini menceritakan tentang awal memasukinya tahun pertama menjadi anak SMA yaitu Fachda, Syifa, Andini, Ida dan Maya harus kehilangan salah satu sahabatnya lagi setelah Keke yaitu Dinda. Dinda yang pindah ke kota Lombok dengan alasan karena ayahnya yang bekerja di kota Lombok. Banyak konflik yang mereka hadapi sepeninggalan Keke, sibuknya kehidupan di SMA, hambatan jarak dan waktu berkumpul, hingga kesalahpahaman dan kecemburuan yang terjadi diantara mereka. Surat yang diterima Syifa dari kak Kiki untuk semua sahabat Keke yang ditulis Keke sebelum kematiannya, akhirnya terbacakan oleh semua sahabat – sahabatnya. Termasuk, Dinda yang pulang dari Lombok ke Jakarta untuk merayakan tahun baruan bersama sahabat dan keluarganya. 


Ketika mereka merayakan tahun baruan, mereka melaksanakan kebiasaan membaca dan menyusun wishlist/permintaan yang tahun ini mendapat giliran yaitu Andini. Sehingga, dia berkewajiban mengumpulkan semua saran, mensortir lalu menyusunnya menjadi sebuah teks tertulis dan dibacakan setelah ritual selesai. Andini bermaksud agar hubungan persahabatn mereka selalu terjalin. Ia memiliki lima saran dan itu adalah perjanjian diantara mereka yang semua isinya bermaksud untuk dalam suatu hari tertentu terdapat perkumpulan dan tidak boleh menyimpan prediksi – prediksi negatif dan harus berbicara terhadap orang yang ditujunya. Dan hubungan sekarang sudah seperti dulu yang tidak ada lagi dengki dan prediksi – prediksi yang melahirkan kebencian.


Amanat :
ü Jangan berburuk sangka sebelum mengetahui apa yang terjadi.
ü Bersikap jujur dan langsung membicarakan sesuatu yang janggal kepada orang yang dituju.
ü Bersikaplah setia kepada sahabat.

Kelebihan dan kekurangan terhadap buku tersebut :

Kelebihannya yaitu banyak pesan yang terkandung dalam buku tersebut dan banyak konflik tentang persahabatan sehingga membuat cerita lebih menarik serta terdapat pesan demi pesan daalm setiap judul buku yang dapat diambil.
Kekurangannya yaitu, bahasanya kurang terlalu dipahami sehingga orang yang membaca menjadi bingung dan kurang memahami.

Judul Buku : The Truth about Forever
Karya : ORIZUKA
Penerbit : gagasmedia
Halaman : 301 halaman

Referensi :
Buku ini menceritakan seorang laki-laki yang mempunyai penyakit mematikan bernama Yogas yang mencari seorang temannya yang menularkan penyakit tersebut, ia pergi mencarinya ke Yogyakarta dengan bantuan temannya Eno. Di sana ia mencari tempat kost dan berkost di salah satu bangunan reyot. Dia tinggal di salah satu kamar yang asalnya hanya untuk perempuan, tetapi karena kamar di bawah sudah tidak bisa di tinggali lagi akhirnya dia tinggal di kamar tersebut. Dia tinggal di sebelah kamar sepupu ibu kostnya tersebut yang bernama Kana. Karena sudah sering bertemu, Kana dan Yogas mempunyai perasaan satu sama lain , Yogas tidak ingin melihat Kana menderita ataupun membuang waktunya untuk menyukai atau memikirkannya akhirnya Yogas menjauhinya tetapi Kana masih tetap terus mendekatinya. Banyak perselisihan dan kebohongan yang ada dalam cerita ini. Dan bertemunya Yogas dengan Joe yang merupakan orang yang menularkan penyakit tersebut. Yogas yang ditelepon orangtuanya untuk kembali ke rumahnya akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumah dan melanjutkan cita-citanya. Kana yang sedih tetap harus merelakannya sampai pada akhirnya Yogas meninggal dan memberikan satu kenangan dan pelajaran di hidupnya.

Amanat :
ü Belajarlah setia terhadap orang yang kamu sayangi dan jangan pernah menyesali untuk bertemu dengannya.
ü Jangan membiarkan penderitaan kita dialami oleh orang lain dan bicarakan baik-baik apa yang sedang kita alami tersebut.

Kelebihan dan kekurangan terhadap buku tersebut :
Kelebihannya yaitu, bukunya sangat menarik dan tidak langsung pada inti permasalahan tetapi berurutan sehingga orang yang membacanya ingin tahu apa kelanjutan dari novel tersebut dan banyak pesan tersirat dalam buku tersebut.
Kekurangannya yaitu, awal ceritanya yang kurang menarik sehingga kita kurang ingin untuk membacanya, seharusnya lebih pada intin permasalahannya.



Judul Buku : Kenali paru-paru anda
Karya : Indra Gani Adiwena
Penerbit : PT Albama
Halaman : 52 Halaman

Resensi Buku :
Paru-paru merukan bagian penting yang ada pada tubuh kita yang  berfungsi untuk memberika darah gas oksigen yang nantinya disalurkan ke seluruh tubuh. Paru-paru tidak pernah berhenti dan terus menerus bekerja seperti pompa udara. Suatu paru-paru bisa menjadi rusak karena zat-zat berbahaya di dalam tubuh, misalnya narkoba, minuman beralkohol dan merokok. Semua itu bisa menyebabkan paru-paru rusak atau berwarna hitam yang menyebabkan darah menjadi kotor. Selain itu banyak penyakit-penyakit yang sangat berbahaya pada tubuh kita karena banyak zat-zat berbahaya yang masuk pada tubuh kita. Penyakit-penyakit yang memungkinkan terjadi yaitu kanker paru-paru yang sangat ganas dan bisa membunuh samapi 90% tetapi sangat mudah dicegah. Selain kanker terdapat penyakit lain yaitu radang paru-paru (pneumonia) yang penderitanya akan menderita kekurangan oksigen dan menjadi lebih mudah terinfeksi oleh bakteri lain. Selain itu terdapat penyakit-penyakit lain yang ada di buku ini dan gejala-gejala yang di derita serta pengobatannya.

ü Amanat : jagalah tubuh kita ini jangan sampai terlabat, lebih baik mencegah sebelum menderita.
ü Kelebihan dan kekurangan buku tersebut :
Kelebihannya, banyak gambar yang terdapat dalam buku tersebut sehingga menjadi lebi menarik dan halaman yang singkat tetapi terdapat unsur-unsur penting di dalamnya
Kekurangannya, mungkin bahasanya yang kurang sangat dimengerti.


Judul Buku : Mengenal Virus
Karya : Susi Laelawati, Spd
Penerbit : Nobel Edumedia
Halaman : 61 Halaman

Referensi buku :

Pendahuluan dalam buku ini yaitu awal ditemukannya virus pertama kali oleh Anthony Van Leeuwenhook (1632-1723) dengan cara pendeteksian oleh mikroskop dan adanya penyakit yang timbul pada percobaan dengan daun tembakau tersebut dan Ciri-ciri yang terdapat dalam virus itu apa.
Perkembangbiakan virus dan infeksi-infeksi yang terdapat dalam virus diceritakan dalam buku ini sehingga kita lebih tahu tentang virus. Virus-virus yang terjadi pada manusia juga sering kita jumpai seperti halnya influenza, selain influenza di buku ini juga terdapat pengetahuan tentang virus-virus yang ada di bumi ini serta bagaimana penularannya dan gejala yang terjadi.
Serta dilengkapi oleh cara untuk mencegahnya dan disertakannya gambar-gambar untuk memberikan kesan yang lebih jelas kepada pembaca. Penularan virus biasanya terjadi melalui alat suntik dan udara. Mencegah virus yang terjadi dalam tubuh kita bisa dengan cara memakan makanan yang bergizi sempurna yaitu empat sehat lima sempurna dan melakukan beberapa kegiatan olahraga yang membuat tubuh kita sehat.
Dengan demikian, kita bisa lebih berhati-hati dengan virus yang ada di muka bumi ini dan bisa bersikap lebih menjaga kesehatan terhadap tubuh kita ini.

  • Amanat : jagalah tubuh kita ini dan bersikap hati-hati terhadap virus yang ada di bumi ini serta langsung periksakan ke dokter jika terjadi sesuatu yang janggal atau kesakitan, sebelum terlanjur parah.
  • Kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut :

Kelebihannya yaitu, halaman yang cukup sedikit tetapi mempunyai banyak pengetahuan serta terdapat foto-foto virus yang sedikit mengerikan sehingga buku terlihat lebih menarik.
Kekurangannya yaitu, bahasanya yang kurang dimengerti dan sampul buku tersebut yang kurang menarik sehingga membuat pembaca menjadi kurang menarik perhatian ketika sebelum membacanya.

Komentar

Postingan Populer